Thursday, March 14, 2013

Rethinking 4P dalam bisnis B2B

Daripada PRODUK
Fokus ke SOLUTION : mengartikan suatu penawaran melalui apa yang konsumen mau, tidak berdasarkan fitur, fungsi, atau superioritas teknologi

Daripada PLACE
Fokus ke ACCESS : membangun kehadiran cross-channel yang terintegrasi dengan mempertimbangkan seluruh proses pembelian oleh konsumen daripada menekankan pada lokasi dan channel pembelian secara individu

Daripada PRICE
Fokus ke VALUE : mengartikulasikan benefit dari harga, daripada menekankan pada hubungan harga terhadap ongkos produksi, profit margin, atau harga kompetitor

Daripada PROMOTION
Fokus ke EDUCATION : menyediakan informasi yang relevan kepada konsumen secara spesifik pada setiap titik purchase cycle, daripada melakukakn advertising, PR, dan personal selling

disadur dari tulisan : Richard Ettenson, Eduardo Conrado, dan Jonathan Knowles pada Harvard Business Review edisi Januari - Februari 2013

No comments:

Post a Comment